Setiap anggota dari kelas Gastropoda Mollusca filum. Gastropoda adalah jenis yang paling beragam dan melimpah dari moluska, dengan hampir 35.000 hidup dan 15.000 spesies fosil diidentifikasi sampai saat ini. Kelompok ini termasuk siput, siput, conchs, whelks, dan keong. Seperti siput akrab, gastropoda paling memiliki melingkar shell tunggal (siput menjadi pengecualian).



Anatomi Umum Pada Gastropoda

Dalam gastropoda yang mempuyai bagian tubuh yang cukup khas, seperti siput, bagian-bagian tubuh lembut termasuk yang biasanya memperpanjang luar shell - kepala dan kaki - dan mereka yang tetap di dalam - mantel dan massa visceral. Karena catatan fosil gastropoda didasarkan hampir secara eksklusif pada kerang, ahli paleontologi mengandalkan gastropoda hidup untuk informasi tentang anatomi kerabat kuno mereka.

Kepala gastropoda mengandung organ sensorik yang paling jelas, setidaknya sepasang tentakel tanduk bentuknya yang umumnya terletak di atas mulut. Kebanyakan juga memiliki dua mata, terletak di sepanjang atau dekat dengan pangkal tentakel. Mulut biasanya terletak di bagian bawah kepala atau di akhir moncong dan berbentuk seperti ditarik panjang. Di dalam mulut struktur makan disebut radula, terdiri dari gigi kecil yang banyak, kurang lebih sebanyak 250.000, yang dapat mengikis terhadap sejenis pelat perangsang di bagian atas mulut untuk merusak makanan.


Kaki biasanya, luas dan keras, struktur otot dengan dasar rata, bergerak sepanjang permukaan dengan cara undulations kecil. Dalam siput tanah atau siput, kaki mengandung kelenjar lendir yang mengeluarkan zat berlendir yang memfasilitasi kemajuan selama permukaan yang kering, sebuah zat serupa sebagai pelumas juga disekresikan oleh beberapa siput laut.

Di dalam shell, mantel adalah merupakan lipatan berat dari jaringan yang menutupi massa viseral dan garis bagian dalam cangkang gastropoda. Mantel juga mengeluarkan shell. Massa visceral mengisi rongga shell (yang dapat menjadi sangat panjang, sempit, ruang pair) dan berisi jantung, gonad, kelenjar pencernaan, hati, ginjal, dan organ ekskretoris.

Shell gastropoda membentuk kerucut, berongga bengkok atau melingkar yang meningkatkan lebar dari titik awal, yang disebut puncak, untuk pembukaan dari mana kepala dan kaki menonjol. Dalam banyak gastropoda, penutup platelike, operkulum tersebut, melekat pada kaki dan menutup pembukaan shell ketika kepala dan kaki yang ditarik dalam shell.

Cangkang gastropoda yang berbeda sangat bervariasi, dan variasi ini digunakan untuk membedakan satu spesies dari yang lain. Sebagian besar shell gastropoda melingkar. Melingkar ini mungkin dalam keadaan gambaran satu pesawat, mirip dengan cangkang melingkar ammonita. Permukaan luar dari cangkangnya dapat dihiasi dengan bubungan, alur, benjolan, duri, atau tanda lainnya.

Fosil Untuk Gastropoda

Para gastropoda awalnya secara eksklusif dominan berada di laut, tetapi oleh Era Mesozoic, sekitar 248 juta tahun yang lalu, banyak yang disesuaikan dengan lingkungan darat dan air tawar. Selama sejarah panjang mereka, gastropoda telah mengembangkan berbagai cara untuk mendapatkan makanan. Beberapa darinya adalah karnivora, sementara yang lain adalah herbivora, omnivora, pengumpan makanan, pemakan bangkai, pengumpan suspensi, dan parasit. Beberapa gastropoda karnivora menggunakan radula mereka untuk memarut melalui cangkang gastropoda lain atau bivalvia, pengeboran lubang, merapikan, membuat lubang, di mana mereka menginjeksikan relaksan otot. Fosil kerang dengan lubang yang mirip bor adalah bukti predasi gastropoda, mungkin dari periode yang lama, kembali ke Periode Devonian (415-360000000 tahun yang lalu).

Catatan fosil panjang dan kini melimpah akan keragaman gastropoda membuktikan keberhasilan evolusi mereka. Seiring waktu, mereka telah bertahan dari sejumlah peristiwa kepunahan besar yang menyapu bersih makhluk lainnya.