Membuat Databse MySQL adalah yang dapat dikatakan sangat penting bagi pengguna web CMS, karena baik sebelum maupun sesudah kalian melakukan upload file web kalian melalui FTP atau  cPanel yang menggunakan Database, maka juga harus ada penampung Database tersebut pada cPanel hosting kalian.

1. Login ke cPanel kalian (domainkalian.com:2082 atau domainkalian.com/cpanel). Kemudian menuju tab Database lalu pilih MySQL Database Wizard.


2. Langkah pertama, silakan kalian membuat databasenya dan membuat nama database yang kalian inginkan, dan kalian bisa juga samakan nama database tersebut dengan yang ada di localhost. Apabila sudah benar silakan klik Next Step


3. Pada langkah ini kalian harus menambahkan pengguna (user) database yang kalian inginkan, atau sesuai pada localhost. Masukan username dan kata sandi yang kalian inginkan, namun kalian juga dapat menggunakan kata sandi generator pada sebelah kanan kotak password.


4. Langkah selanjutnya lagi, kita harus memberi Privileges user untuk database-nya, ini berfungsi untuk memberikan izin  (allow) akses ke database dari masing-masing user yang ada. Centang "ALL PRIVILEGES"  dan Next Step.



5. Saat kalian klik Next Step pada langkah ke tiga diatas, pada langkah terakhir ini kalian hanya akan menerima informasi data yang telah kalian buat tadi dari langkah 1 - 3, dan database jadilah sudah, silakan klik "Return Home" untuk menuju beranda cPanel masing-masing.