Artikel ini ditujukan untuk menambah wawasan dan kesadaran diri bagi seorang Blogger, baik yang sudah mahir atau masih pemula. Artikel ini tidak bertujuan untuk menyinggung para Blogger, tetapi sebagai langkah koreksi sebagai seseorang yang berakal.

Sebagai seorang manusia tentunya kita tidak lepas dari kesalahan yang dilakukan, begitu juga kita sebagai seorang Blogger, akan nampak cukup banyak kesalahan yang terliat.
Sekarang mari kita koreksi apa-apa saja hal yang sudah kita salahi dalam beraktivitas Blogging.

Biasanya kesalahan ini dilakukan oleh para Blogger yang masih pemula, seorang Blogger perempuan (hanya beberapa), kurang paham dengan etika, dan kurang mengetahui dengan pelanggaran, serta tidak menilai usaha seseorang. (biasanya)

KESALAHAN BERAT*

1. Mengganti/Mengubah Atribut Link Pada Template.
Hal sudah sangat banyak ditemukan, saya sendiri sudah sangat banyak menemuinya. Hal ini seolah-olah mereka yang mempunyai semua kode pembangun dari sebuah blog tersebut, tanpa ingat dan menghargai dengan pembuat asli template. Ini adalah sebuah kesalahan yang besar, dan tidak menghargai hasil kerja orang lain.
Apabila Anda ingin merubah Atribut link sesuka hati Anda, buatlah template sendiri, maka Anda bisa mengubahnya sesuai keinginan Anda.

Biasanya, hanya para Blogger yang berpengalaman dan sadar akan kerja keras orang lain yang mau menjaga atribut link secara utuh.

2. Menghapus Atribut Link Pada Template.
Ini adalah hal yang lebih buruk daripada point pada nomer 1 diatas, karena hal ini jauh lebih tidak tahu menghargai seseorang dan tidak tahu budi kepada pemilik template yang asli, karena menghilangkan Atribut Link pada template.

3. Menggandakan Mentah-mentah Artikel Seseorang (biasanya disebut Copy-Paste)
Apabila blog Anda tidak mau dikunjungi oleh algoritma mesin pencari, silakan Anda buat artikel yang orisinil. Namun apabila itu memang mengambil dari sebuah situs lain, setidaknya Anda melakukan perubahan sebesar 45% dari artikel asli.
Apabila Anda adalah seorang Blogger tukang gandakan artikel Blogger lain, blog Anda hanya berharga Spam dan Sampah, dan tidak ada gunanya bersaing di mesin pencari.

4. Melakukan Pembagian Template dengan Credit Link yang Diubah.
Ini adalah seorang Blogger berkategori sampah, karena seolah-olah membuat sebuah template orsinil seseorang seperti miliknya dan membagikannya dengan orang lain.
________________________________________________________________________

KESALAHAN SEDANG*

1. Bertukar Link Secara Besar-besaran.
Bertukar link memang perlu dalam aktivitas seorang Blogger, namun apabila Anda membuat form bertukar link secara besar-besaran, Anda hanya akan dianggap mesin pencari sebagai blog berkualitas rendah.

Hal ini juga sudah diterangkan oleh berbagai mesin pencari, termasuk Google, bahwa mereka yang melakukan tukar link terlalu berlebihan bisa mendapat penalti.

Dalam hal terbaru, sesuai yang saya dapat dan baca sendiri oleh piha Google, bahwa sekarang ini tukar link tidak menjadi hal yang penting bagi membangun blog, dalam hal yang saya baca PageRank juga sudah tidak akan mempengaruhi kapabilitas sebuah blog (red, Seorang karyawati Google)

2. Melakukan Kontes SEO.
Ini adalah hal yang hangat dibincangkan, karena ternyata Kontes SEO hanya merendahkan kredibilitas sebuah blog, mereka yang melakukan hal ini hanya sebagai blog yang tidak informatif dan kreatif. (baca kembali masalah ini diberbagai forum, dan artikel situs lain)
Kontes SEO hanya akan menurunkan kualitas blog. (baca kembali masalah ini diberbagai forum, dan artikel situs lain)

Bersambung.