Dioda merupakan komponen elektronik yang terbentuk dari persambungan antara semikonduktor tipe n dan semikonduktor tipe p. Dioda akan bersifat menghantar jika diberikan padanya bias maju, dan sebaliknya tidak dapat menghantar jika dioda diberi bias reverse


Semikonduktor tipe n adalah semikonduktor yang telah didop dengan atom pentavalen seperti arsen, antimon, dan posfor sehingga mempunyai electron (muatan negatif) sebagai pembawa mayoritas dan hole (muatan positif) sebagai pembawa ninoritas.
Semikonduktor tipe p adalah semikonduktor yang telah didop dengan menggunakan atom trivalent, seperti aluminium, boron dan gallium, dengan tiga buah electron pada kulit terluar sehingga mempunyai hole sebagai pembawa mayoritas dan electron sebagai pembawa minoritas. Junction atau persambungan dua jenis semikonduktor inilah yang mendasari sifat dioda dan menjadikan dioda dapat bersifat sebagai penghantar jika diberi forward bias dan dioda sebagai isolator jika diberi reverse bias.

 Pada saat dioda diberi forward bias, electron dari sisi n bergerak menuju junction dan bergabung dengan hole (pembawa muatan positif) yang terdapat pada daerah di sekitar junction. Karena penggabungan electron ini, maka terjadi pemakaian bersama electron valensi (electron pada kulit terluar) sehingga lapisan pengosongan (depletion layer) akan menyempit karena celah di sekitar persambungan ditempati oleh pasangan electron. Karena daerah pengosongan menjadi sempit, maka dioda bersifat sebagai penghantar.

Apabila dioda diberi reverse bias, electron pada sisi n dan hole pada sisi p akan bergerak saling menjauhi sehingga pada junction tidak terdapat ikatan ion yang berarti memperlebar lapisan pengosongan. Semakin besar reverse bias yang diberikan akan semakin lebar pula lapisan pengosongan yang terbentuk, sehingga dioda tidak dapat menghantar. Jika tegangan reverse terus ditingkatkan maka pada suatu saat dioda akan mencapai batas tegangan maksimal yang dapat merusak dioda, tegangan ini disebut sebagai tegangan dadal (breakdown voltage). Besar dari tegangan dadal ini biasanya sudah ditentukan dan dapat dilihat pada data sheet (lembar data) dioda yang