Sebuah bingkai pasang yang digunakan untuk menghitung dengan komponen manik-manik yang digunakan sebagai acuan perhitungan persatuan atau puluhan, yang dimulai beberapa ribu tahun yang lalu, sebagai baris kerikil di padang pasir Timur Tengah. Kata dasarnya berasal dari âbâq Ibrani ("debu") atau Abak Fenisia ("pasir") melalui abax Yunani, yang mengacu pada sebuah nampan kecil yang ditutupi dengan pasir untuk menahan kerikil agar tetap stabil. Bingkai (sempoa) yang familiar ini dapat dibuat dari batang atau kawat. Dan benda ini secara bertahap muncul di berbagai tempat dan bentuk untuk menghitung hitungan matematika.

Di Benua Eropa, ada keadaan yang agak aneh. Selama lebih dari 1.500 tahun, orang Yunani dan Romawi, dan kemudian orang-orang Eropa Abad Pertengahan, dihitung pada perangkat dengan sistem tempat-nilai di mana nol diwakili oleh baris kosong atau kawat. Namun catatan yang ditulis tidak memiliki simbol untuk nol sampai diperkenalkan ke Eropa pada tahun 1202 oleh Fibonacci, melalui orang-orang Arab dan Hindu.

The Chinese suan pan (Sebutan untuk bingkai wilayah Cina) mempunya bentuk yang berbeda dari sempoa Eropa, dalam bentuk papan yang dibagi menjadi dua dek, dengan dua manik-manik pada setiap batang di dek atas dan lima manik-manik, mewakili angka 0 sampai 4, masing-masing di bagian bawah. Ketika semua lima manik-manik di dek bawah bergerak naik, mereka ulang ke posisi semula, dan satu manik di dek atas akan dipindahkan ke bawah sebagai carry. Ketika kedua manik-manik di atas dek dipindahkan ke bawah, mereka reset dan manik-manik pada batang yang berdekatan di sebelah kiri akan dipindahkan sebagai carry. Hasil perhitungan tersebut dibaca dari manik-manik berkerumun di dekat balok pemisah antara dek atas dan bawah. Dalam arti, sempoa bekerja sebagai 5-2-5-2-5-2 ... berbasis sistem nomor yang membawa dan pergeseran yang sama dengan yang di sistem desimal. Karena batang masing-masing mewakili digit dalam angka desimal, kapasitas sempoa hanya dibatasi oleh jumlah batang pada sempoa. Bila pengguna menjalankan keluar dari batang, dia hanya menambah satu lagi sempoa di sebelah kiri baris.

The Soroban Jepang tidak jauh dengan representasi ganda "lima" dan "puluhan" dengan memiliki hanya empat counter di bagian bawah, yang dikenal sebagai "bumi," dan hanya satu counter di bagian atas, yang dikenal sebagai "surga." Dunia sempoa terbesar adalah di Museum Science di London dan ukuran 4,7 meter (15,4 kaki) sebesar 2,2 meter (7,2 kaki).