Sekelompok galaksi yang kaya (kaya dalam hal ini adalah banyak dan berhambur) yang teridentifikasi dalam katalog Abell Catalog of Rich Clusters of Galaxies, yang merupakan katalog komprehensif pertama kelompok galaksi, dan dalam bentuk diperpanjang, juga masih yang terbesar. Katalog Abell pertama kali diterbitkan pada tahun 1958 oleh astronom Amerika George Abell (1.927-1.983), dia adalah seorang mahasiswa pascasarjana pada waktu itu, dan berisi 2.712 kelompok galaksi utara dari deklinasi -27° dan diidentifikasi oleh Abell dari analisisnya tentang Palomar Observatory Sky survei foto.

Untuk dimasukkan dalam katalog, cluster galaksi harus memiliki setidaknya 50 anggota dalam m3 kisaran besarnya untuk m3 +2, di mana m3 adalah besarnya anggota klaster ketiga yang terang, dalam radius sekitar 1,5 megaparsecs (hanya di bawah 5 juta tahun cahaya). Abell mengklasifikasikan cluster seperti teratur dan tidak teratur, dan peringkat mereka pada enam poin skala yang baik menurut kekayaan mereka (kepadatan penduduk) dan jarak (1 sampai 6, untuk yang terdekat dengan terjauh). Katalog terbukti penting untuk astronomi extragalactic mani, yang mengarah ke pemahaman yang lebih baik tentang sifat dan sifat kelompok galaksi, dan identifikasi superkluster dan besar-besaran struktur.

Setelah (1989) revisi terbaru dan ekstensi untuk memasukkan kelompok "kaya" ini di belahan bumi selatan, Katalog Abell kini terdiri dari Utara Abell Katalog (cluster A1 melalui A2712), Southern Abell Katalog (A2713 melalui A4076), dan Tambahan Selatan Abell Katalog (A4077 melalui A5250). Di antara yang paling terkenal cluster Abell adalah Cluster Perseus (A426) dan Cluster Coma (A1656).