1893-1960
Lahir di Jerman, salah satu dari astronom Amerika yang mengklasifikasikan bintang menjadi dua jenis populasi berbeda, masing-masing jenis memiliki jenis yang berbeda dari variabel Cepheid (indikator penting jarak kosmik), dan menyimpulkan dari hal ini bahwa alam semesta adalah sekitar dua kali lebih besar dan tua seperti yang diduga sebelumnya.

Setelah meraih gelar Ph.D (Philloshopy Doctor). di Göttingen, Baade memulai karirnya di Observatorium Hamburg namun pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1931 untuk mencari teleskop yang lebih besar (meskipun ia tidak pernah menjadi warga negara Amerika). Sisa karirnya, hingga pensiun pada tahun 1958, dihabiskan di Gunung Wilson dan Observatorium Palomar. Pada tahun 1940, sebagai alien musuh, Baade mampu melanjutkan mengamati ketika para astronom lainnya sedang pergi bertugas perang dan untuk mengambil keuntungan dari langit gelap yang luar biasa yang disediakan oleh Los Angeles. Dalam kondisi yang menguntungkan ia mulai survei dari Galaksi Andromeda, menyelesaikan, untuk pertama kalinya, bintang di wilayah tengah. Hal ini memungkinkan dia untuk membedakan dua jenis bintang: muda, hot "Populasi I" benda terkonsentrasi di lengan spiral galaksi, dan bintang tua "Populasi II" di wilayah galaksi pusat. Dia kemudian menemukan bahwa variabel Cepheid dari dua populasi berbeda dalam hubungan periode-luminositas, mereka memaksa evaluasi ulang dari jarak ke Andromeda dan galaksi eksternal lainnya. Pada tahun 1952, ia menerbitkan hasil yang menunjukkan bahwa alam semesta itu lebih dari dua kali lipat ukuran dan usia perkiraan sebelumnya (bantuan ahli geologi yang sekarang bisa tidur di malam hari mengetahui bahwa bumi lebih muda dari kosmos).

Baade menghasilkan yang penting lainnya, khususnya melalui kolaborasi dengan Fritz Zwicky dan Rudolph Minkowski. Dia dan Zwicky diusulkan, pada tahun 1934, bahwa supernova dapat menghasilkan sinar kosmik dan bintang neutron, dan Baade membuat studi ekstensif dari Nebula Kepiting dan bintang pusat. Dia membedakan dua jenis supernova dan dengan Minkowski yang mengidentifikasi rekan-rekan optik. Dari banyak penemuan untuk pertama-tama mereka menemukan sumber radio, termasuk Cygnus A dan Cassiopeia A. Minkowski, tidak setuju dengan saran Baade yang Cygnus A adalah dua galaksi di tabrakan dan botol wiski yang bertaruh pada hasil. Beberapa minggu kemudian, setelah mendapat spektrum Cygnus A, Minkowski kebobolan taruhan - tetapi Baade kini kecewa. "Bagi saya," kata Baade, "botol adalah satu liter Apa Minkowski dibawa adalah termos hip ... Dua hari kemudian ... Minkowski mengunjungi saya untuk menunjukkan saya sesuatu, melihat termos, dan dikosongkan.." (Dengan melihat ke belakang, minuman mungkin seharusnya membagi: Cygnus A sekarang dikenal sebagai galaksi elips tunggal - bukan dua spiral bertabrakan sebagaimana Baade telah mengusulkan - tapi hampir pasti hasil dari tabrakan masa lalu.) Baade juga dikenang karena penemuan planet-planet minor (1920) dan Hidalgo (1949)  juga menemukan Icarus.