A. Dalam serangga dan arthropoda lainnya, perut adalah segmen (posterior) paling belakang tubuh, yang berisi bagian dari saluran pencernaan dan semua organ reproduksi.


B. Pada hewan yang tingkatannya lebih tinggi, perut adalah ruang besar yang berisi lambungusushatikantung empedulimpa, dan pankreas. Pada wanita, perut juga termasuk rahimsaluran telur, dan indung telur. Ini terletak di antara daerah dada dan daerah panggul (pinggul). Rongga perut dipagari dengan peritoneum, yang juga menyediakan meliputi sebagian atau penuh (lengkap) untuk organ dalam rongga.

[+] Bagian Perut Pada Manusia

Rongga perut pada manusia dibagi ke dalam perut yang tepat dan rongga panggul. Perut tepat diatas dibatasi oleh diafragma, dibawah itu terus-menerus dengan rongga panggul, posterior itu dibatasi oleh kolom tulang belakang, dan otot punggung, dan di setiap sisi itu dibatasi oleh otot dan bagian bawah tulang rusuk. Di depan, dinding perut terdiri dari lapisan fascia dan otot.

Perut ini dibagi menjadi sembilan wilayah yang batasnya dapat ditunjukkan oleh garis yang ditarik di permukaan. Pertengahan-Bagian atas seperti angkatan laut antara sudut tulang rusuk dikenal sebagai daerah epigastrium, bahwa bagian di sekitar pusar, sebagai pusar, di bawah pusar dan di atas tulang kemaluan, sebagai wilayah hipogastrikus. Hal ini dibagi lagi menjadi kuadran kiri kanan dan atas pada setiap sisi di atas pusar, dan kuadran bawah kanan dan kiri pada setiap sisi bawah pusar. Daerah pinggang meluas di kedua sisi pusar posterior dan lateral.

Organ utama dari rongga perut adalah lambung, duodenum, jejunum, ileum, bagian dari usus besar, hati, kandung empedu dan sistem empedu, limpa, pankreas dan darah mereka dan pembuluh limfatik, kelenjar getah bening, dan saraf, ginjal dan ureter . Bagian panggul perut berisi kolon sigmoid dan rektum, bagian dari usus kecil, kandung kemih, dalam kelenjar prostat laki-laki dan vesikula seminalis, dalam, perempuan rahim saluran telur, dan indung telur.