Salah satu dari pasangan keenam saraf kranial, yang memasok salah satu otot mata. Saraf abducens, atau saraf abducent, adalah saraf motorik. Ini innervates otot rektus lateral (bertanggung jawab untuk tatapan lateral, yaitu, bergerak ke luar bola mata) dari orbit ipsilateral.

Saraf abducens muncul dari permukaan anterior dari otak, dalam alur antara batas bawah pons (bagian dari batang otak) dan medulla oblongata. Ini terletak pada awalnya di fossa posterior tengkorak. Kemudian menembus dura mater lateral sellae Dorum dan menuju tajam ke depan, melintasi perbatasan unggul dari bagian petrosa dari tulang temporal. Setelah memasuki sinus carvenous, dan berjalan ke depan bawah dan lateral arteri karotid internal. Memasuki rongga orbital melalui bagian bawah fisura orbital superior, dalam cincin tendon. Akhirnya, saraf abducens berjalan ke depan dan memasok otot rektus lateral.


[+]Patologi
Karena jalan panjang dalam tengkorak, saraf abducens sering rusak pada fraktur dasar tengkorak, atau oleh gangguan, seperti tumor, yang mendistorsi otak. Kerusakan tersebut dapat menimbulkan penglihatan ganda atau juling A.